EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Tuesday

RAMUAN ALAMI MENGATASI REMATIK | Melawan Rematik Secara Alami

TIPS MENGATASI SAKIT ENCOKRAMUAN ALAMI MENGATASI REMATIK | Melawan Rematik Secara Alami. Mengatasi penyakit satu ini bukan perkara mudah. Sampai saat ini belum ditemukan obat mujarabnya tanpa efek samping. Karenanya, tidak ada salahnya dicoba obat rematik dari tetumbuhan. Di antaranya jahe, brotowali, akar pepaya gantung, dan gandarusa. Baca juga KRONOLOGI PERAMPOKAN DI RUMAH ARTIS ALEXANDRA GOTTARDO dan VIRUS DNSCHANGER SERANG KOMPUTER | Cara Mendeteksi PC yang Terjangkit Virus DNSChanger
Encok merupakan penyakit yang ditandai rasa nyeri pada tulang, sendi, otot, dan jaringan sekitar sendi. Penyakit ini bukan akibat cuaca dingin atau mandi malam dengan air dingin. Namun, nyeri rematik bakal muncul bila seorang yang memang menderita penyakit ini mengalami perubahan suhu tubuh akibat cuaca atau air dingin tadi.

Nyeri rematik sangat banyak ragam penyebabnya. Di antaranya kurang tidur sehingga terjadi penumpukan asam laktat, penggunaan sendi berlebihan yang membuat terjadinya peradangan, atau peradangan oleh sebab lain seperti terlalu banyak berjalan, turun-naik tangga, sering jongkok-berdiri atau sebab lain, kelebihan asam urat pada jaringan atau persendian oleh infeksi virus.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total. Meski begitu banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi penderitaan akibat rematik, di antaranya dengan menghilangkan gejala nyerinya, dan menyembuhkan peradangan atau pembengkakan akibat rematik. Untuk itu biasanya digunakan obat anti nyeri atau analgetik, anti radang atau inflamasi, di antaranya NSAID (non-steroidal anti-inflamatory drug), kortikosteroid, dan SAARD (slow-acting anti-rheumatic drug).

Rematik terkadang juga diobati menggunakan deksmetason (hormon) untuk mempengaruhi sirkulasi darah dan mengurangi gejala radang. Sayangnya, penggunaan obat-obatan tesebut dalam jangka panjang masih belum memuaskan karena menimbulkan efek samping. Untuk kasus-kasus rematik tertentu tindakan operasi atau fisioterapi terkadang diperlukan.

Jahe, sang primadona

Secara tradisional, dikenal pula beberapa cara untuk menghilangkan gejala nyeri rematik. Bisa dengan pengobatan dalam atau luar. Untuk pengobatan dalam, biasanya digunakan beberapa jenis tanaman yang mampu menghangatkan tubuh penderita. Cara ini dapat menghilangkan rasa nyeri dan menaikkan sirkulasi darah yang akan mengurangi udem (pembengkakan).

Pengobatan dari luar biasanya dengan cara memberi semacam lulur untuk menghangatkan bagian yang terasa nyeri. Dalam dunia tanaman obat tradisional dikenal cukup banyak tumbuhan yang berkhasiat menghilangkan nyeri rematik. Yang cukup terkenal adalah jahe, brotowali, akar pepaya gantung, dan gandarusa. Di antara keempatnya, jahe (Zingiber officinale Roxb.) masih menjadi primadona. Bahkan, tanaman ini sudah sampai pada tahap isolasi senyawa aktifnya, pengurangan senyawa kimia yang tak dikehendaki, hingga pengemasan dalam bentuk tablet berlapis gula.

Bagian berkhasiat dari tumbuhan obat ini adalah rimpangnya. Di dalamnya terkandung minyak asiri, 2 - 3%, yang memberi aroma khas. Rimpang jahe juga mengandung gingerol, berwarna merah dan memiliki rasa pedas, yang terbukti bersifat antiinflamasi dan analgetik. Dari hasil penelitian Dr. Morten Weidner, pakar biokimia di Institute of Drug Analysis Symbion Science Park, Kopenhagen, Denmark, terbukti jahe dari suatu daerah di Cina mengandung gingerol paling tinggi dibandingkan dengan jahe dari Afrika, India, dan Eropa.

Mekanisme kerja senyawa tersebut belum diketahui dengan pasti. Diduga karena bisa menghangatkan tubuh, sifat ini mencegah kambuhnya rasa nyeri dan mencegah inflamasi atau peradangan. Karenanya, penggunaan jahe sebaiknya sebelum timbul gejala nyeri.

Berdasarkan penelitian, ekstrak rimpang jahe juga dapat merangsang migrasi leukosit sehingga bisa meningkatkan daya imun tubuh. Pemberian ekstrak ini meningkatkan interleukin-ibeta dan macrophage. Dengan demikian hasil penelitian tersebut memperkuat jahe sebagai tanaman yang berkhasiat antiradang.

Jahe juga diduga mengandung zat penenang, karena berdasarkan penelitian, rimpangnya mempunyai anxiolytic effect (efek menghilangkan kecemasan). Jahe pun bisa menekan sakit kepala. Dengan begitu proses pengobatannya ikut terbantu.

Sayangnya, selain memiliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan, jahe juga mengandung bahan merugikan yang dinamai shogaol. Senyawa ini bisa mengakibatkan iritasi lambung, sehingga tidak menguntungkan bila dikonsumsi oleh penderita yang juga mengalami gangguan pada lambung.

Melawan radang

Tanaman lain yang sering digunakan orang sebagai obat anti encok adalah brotowali (Tinospora crispa Miers). Batangnya merupakan bagian yang biasa digunakan untuk menghilangkan nyeri rematik. Bagian ini memiliki kemampuan anti-inflamasi sehingga bisa digunakan untuk melawan radang. Di dalamnya juga terkandung zat berberin yang bersifat antibakteri. Bahkan pada hewan percobaan diketahui batang brotowali memiliki sifat analgetik. Namun, mekanisme daya analgetiknya hingga kini belum terungkap.

Akar pepaya gantung (Carica papaya L) juga cukup dikenal sebagai obat rematik. Pada hewan percobaan akar ini diketahui bersifat anti-inflamasi. Akar tersebut juga bersifat antipiretik yang menunjang sifat anti-inflamasi tadi.

Berbagai senyawa ditemukan di dalam akar pepaya gantung, di antaranya alkaloida. Namun, yang berkhasiat anti-inflamasi atau anti-rematik belum diperoleh. Mekanismenya sebagai bahan anti-encok juga belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Berkat kalium

Gandarusa (Justica gandarussa) sejak dulu juga dikenal orang mampu menghilangkan gejala nyeri rematik. Daun atau akarnya bisa digunakan untuk keperluan pengobatan tersebut. Tanaman ini antara lain mengandung alkaloid justisiin dan kalium dalam jumlah banyak. Di antara keduanya, kaliumlah yang berperan menghilangkan rasa sakit. Zat ini bersifat diuretik, yakni memperbanyak keluarnya air seni yang membawa serta sisa-sisa metabolisme yang tak berguna bagi tubuh, termasuk asam urat yang bisa menyebabkan rematik.

Tanaman ini bisa digunakan dalam bentuk obat luar atau obat dalam.

Selanjutnya untuk menjaga supaya rematik tak terlalu mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya digunakan air hangat bila mandi pagi. Dengan air hangat pergerakan sendi menjadi lebih mudah, sehingga penderita mudah bergerak. Bagi penderita yang bertubuh gemuk, disarankan untuk menurunkan bobot badan agar beban persendiannya bisa berkurang.

Untuk menanggulangi keletihan, penderita dianjurkan berisitrahat di malam hari setidaknya selama 8 – 9 jam. Dalam kegiatan sehari-hari disarankan beristirahat sekali atau dua kali, masing-masing selama setengah jam. Teknik-teknik relaksasi perlu dipelajari untuk dipraktikkan selama masa istirahat.

Sebaiknya juga hindari stres yang memicu kemarahan. Kalaupun mesti meminum obat-obatan farmasi, jangan lupa meminumnya pada saat perut dalam keadaan tidak kosong untuk mencegah iritasi lambung.

Berikut ini beberapa resep untuk mengatasi rematik dan encok.

* Jahe (untuk encok)
Bersihkan 2 ibu jari rimpang jahe, lalu potong-potong atau sedikit diremukkan. Kemudian rebus dengan 1 gelas air, dan beri gula atau madu secukupnya. Air rebusannya diminum secara teratur setiap hari.

* Jahe (untuk rematik)
Rebus batangnya sebesar jari dengan 3 gelas air hingga air tinggal 1/2 -nya. Saring air rebusannya, lalu diminum. Karena rasanya pahit, bisa diberi gula aren secukupnya.

* Akar papaya gantung (untuk rematik)
Ambil 5 potong akar pepaya, masing-masing sebesar jari. Cuci dan potong-potong akar tersebut. Tambahkan 3 sendok makan irisan halus lengkuas. Campur dan rebus keduanya dengan 4 gelas air hingga airnya tinggal 3 gelas. Bila perlu tambahkan gula aren secukupnya. Minum ramuan tersebut 3x sehari, masing-masing 1/2 gelas.

* Gandarusa (untuk obat luar)
Sediakan 20 g daun gandarusa, 5 g kapur sirih, dan 3 g lada. Tumbuk ketiganya menjadi satu sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang nyeri akibat rematik.

* Gandarusa (untuk obat dalam)
Rebus 20 g daun gandarusa dan 10 g akarnya dengan 3 gelas air selama setengah jam. Air rebusannya disaring. Minum air rebusan ini 3x sehari masing-masing 1 gelas sampai gejala sakit rematik hilang.


RAMUAN ALAMI MENGATASI REMATIK, Melawan Rematik Secara Alami, Penyebab Penyakit Rematik, Tips Mencegah Rematik, Obat Alami Mengatasi Rematik, Manfaat Jahe untuk Menyembuhkan Penyakit, Tanaman Obat untuk Sakit Rematik, Akar Papaya Gantung, Gandarusa untuk Obati Rematik, Resep Alami Obati Rematik

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.