EXIT Jangan Lupa Klik Like Ya

Friday

MISTERI TUDUHAN TERHADAP MANTAN MENKES ENDANG RAHAYU TERKAIT DENGAN 'NAMRU' AKHIRNYA TERJAWAB | KONTROVERSI SAAT PENGANGKATAN ENDANG RAHAYU SEBAGAI MENKES

Almarhum Endang Rahayu SedyaningsihMISTERI TUDUHAN MANTAN MENKES ENDANG RAHAYU TERLIBAT DENGAN 'NAMRU' AKHIRNYA TERJAWAB | KONTROVERSI SAAT PENGANGKATAN ENDANG RAHAYU SEBAGAI MENKES. Mantan Menteri Kesehatan Endang Sedyaningsih telah berpulang pada 2 Mei 2012. Saat-saat jelang akhir hayatnya, dia menulis soal tudingan sebagai orangnya Namru. Baca juga MENCERMATI AKSI 'KOBOI' YANG MULAI BANYAK TERJADI | KEJAHATAN SENJATA API MENINGKAT, AKSI KOBOI JALANAN PUN MARAK dan TIPS MENCEGAH TERTULARNYA PENYAKIT SAAT BERKUNJUNG KE RUMAH SAKIT | Warning! Jenguk Pasien di RS Bisa Ikutan Jatuh Sakit!
Masih ingat saat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menetapkan Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai Menteri Kesehatan pada Oktober 2009 silam? Saat itu, tidak ada yang tahu siapa wanita berambut pendek dan berkaca mata itu.

Kontroversi kemudian menyeruak. Penunjukan Endang dikait-kaitkan dengan proyek Naval Medical Research Unit No 2 (Namru 2) yang ditentang keras menteri sebelumnya, Siti Fadilah Supari.

Namru 2 adalah unit kesehatan angkatan laut Amerika yang pernah berada di Indonesia. Laboratorium Namru berada di kompleks Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan di Jalan Percetakan Negara, Jakarta.

Kegiatan penelitian bersama ini menitikberatkan pada malaria, penyakit akibat virus seperti demam berdarah, infeksi usus yang mengakibatkan diare, dan penyakit menular lainnya termasuk flu burung. Penelitian Namru 2 hanya berhubungan dengan penyakit-penyakit tropis yang terjadi secara alamiah.

Masalah timbul karena proyek ini dituding sebagai kedok AS untuk menjalankan misi intelijennya. Kementerian Kesehatan (saat itu Depkes) akhirnya memutus kerja sama dengan AS terkait proyek Namru 2 ini.

Karena tudingan yang tak pernah jelas itu, Endang sempat dicopot dari jabatan sebagai Kepala Puslitbang Biomedis dan Farmasi oleh bosnya kala itu Menkes Siti Fadilah Supari.

Dalam buku terakhir yang ditulisnya saat sakit parah 'Untaian Garnet dalam Hidupku' di Bab 'Tentang Ari dan Kolam Renang' Endang mengakui ada perubahan dalam hidupnya ketika dicopot jadi Kepala Puslitbang dan hanya menjadi peneliti senior biasa.

"Perubahan itu sungguh saya jalani dengan berusaha berbesar hati.Saya tidak bertanya kepada menteri juga kepada Kepala Badan Litbangkes baik yang lama maupun yang baru, alasan saya dilepas. Saya terima saja dan menganggap ada kesalahpahaman. Tetapi memulai kehidupan baru pun tidaklah mudah. Banyak orang tetap berupaya menganggap saya sebagai Kapuslit yang lama, padahal waktu itu saya hanya peneliti biasa," ungkap Endang di bukunya.

Dari pengakuannya di bukunya tersirat bahwa kecurigaan itu muncul karena ada peneliti Namru yang juga orang Indonesia tiba-tiba menulis soal investigasi yang dilakukan Namru, padahal harusnya itu dilakukan orang Indonesia tapi kala itu Endang bisa menerima alasannya. Kedua, karena pihak Namru lebih suka berdiskusi dengan dirinya ketimbang dengan peneliti lainnya hingga hubungannya pun menjadi dekat.

Berikut pengakuan Endang soal tudingan Namru yang belum pernah diungkap dan dipublikasikannya:

"Hubungan Saya dengan Namru 2 (Naval Medical Research Unit Number 2) Jakarta


Saya harus menuliskan tentang ini karena begitu banyak orang mengira bahwa saya bekas pegawai Namru. Ini sama sekali tidak benar. Saya tidak pernah bekerja di Namru 2 Jakarta. Kalau berkolaborasi, mungkin hampir setiap peneliti senior Badan Litbangkes pernah berkolaborasi dengan Namru 2. Namru 2 mulai masuk ke Indonesia karena diundang oleh Indonesia untuk mengatasi masalah Pes. Penelitian-penelitian yang dilakukan oleh Namru 2 – Badan Litbangkes meliputi banyak hal, seperti typhoid dan kolera.

Keterlibatan saya yang pertama terjadi dalam investigasi KLB Hepatitis E di Bondowoso. Saya didatangi dr Corwin yang meminta saya memimpin investigasi tersebut. Walaupun ini merupakan suatu pengalaman baru, saya terima. Saya pun berangkat membawa staf Badan Litbangkes dan Namru 2. Investigasi berjalan baik, tentu dengan bantuan staf dinas kesehatan dan rumah sakit setempat.

Beberapa saat setelahnya, saya didatangi peneliti senior Badan Litbangkes yang menanyakan mengapa peneliti Namru yang menuliskan papernya. Saya terkejut karena saya tidak pernah diberi tahu bahwa akan ada paper yang akan terbit dari investigasi tersebut. Sebagaimana kebiasaan saya, saya pun memprotes keras.

Dokter Corwin datang dan meminta maaf dan meminta supaya saya jangan marah kepada peneliti junior Namru. Tentu saja hal itu tidak saya lakukan. Peneliti junior itu kan orang Indonesia. Kalau dia maju, saya juga senang. Dr Corwin menawarkan menuliskan paper tersebut dengan nantinya saya sebagai co-author. Tentu saja saya menolak.

Saya kan lulusan HSPH (Harvard School of Public Health). Saya mampu menulis paper sendiri. Saya meminta bantuan dr Corwin untuk melengkapinya di bagian-bagian seperti laboratorium, strain, dan sebagainya. Ia pun menyanggupi. Maka terjalinlah kolaborasi kami yang pertama. Dr Corwin senang melihat hasilnya dan paper itu pun kemudian terbit.

Kolaborasi selanjutnya adalah flu burung. Ketika itu kasus flu burung mulai merebak di Indonesia. Rapat-rapat dilakukan antara Namru dan Badan Litbangkes, namun beberapa rekan Namru merasa kurang bisa berkomunikasi dengan rekan Badan Litbangkes dan mereka meminta saya ikut serta. Awalnya saya menolak karena ini bukan bidang keahlian saya. Teman-teman Namru mengatakan apakah saya tidak akan merasa menyesal nantinya apabila flu burung menjadi wabah dan saya sama sekali tidak peduli?

Saya pikir, logika ini ada benarnya. Maka mulailah saya mengikuti rapat-rapat antara Namru – Badang Litbangkes tentang flu burung. Tentu saja awalnya, atasan langsung saya Kapuslit Penyakit Menular yang baru sangat tidak gembira. Ia mengatakan dia tidak suka orang yang sok, dan dianggapnya salah satu dari orang yang sok tersebut adalah saya.

Perkataan yang terus terang tersebut menyakitkan hati saya. Pada suatu senja, ketika saya sedang duduk diam-diam di meja kerja saya sambil menunggu datangnya malam, tiba-tiba para sahabat saya masuk ke ruangan. Mereka heran melihat saya sedang menangis, dan mereka berusaha menghibur saya.

Banyak hal tidak benar yang disampaikan ke muka publik mengenai pengiriman spesimen flu burung ke luar negeri. Bukti-bukti ada, semua orang bebas menginvestigasikan apa yang sebenarnya terjadi. Atas perintah siapakah semua spesimen itu dikirim, baik itu ke Namru pusat atau ke laboratorium dr Malik Perish di Hongkong. Apakah mungkin saya sebagai eselon 2 mengambil keputusan berupa kebijakan demikian?

Ada kebijakan baru ketika itu juga, yaitu spesimen boleh dikirim apabila dilengkapi dengan dokumen MTA (material transfer agreement) yang menghargai negara asal pengirim, serta menjamin hak-hak negara pengirim. Badan Litbangkes membentuk Komisi MTA yang terdiri dari para pakar perguruan tinggi dan institusi penelitian. Kami berapat cukup rutin.

Berbekal itulah, saya percaya bahwa kerjasama internasional Indonesia dengan negara lain tidak dilarang. Dalam sebuah penelitian bersama Belanda, seorang peneliti muda membawa beberapa spesimen ke Belanda dilengkapi dengan dokumen MTA yang lengkap yang sudah ditandatangani oleh Kepala Badan Litbangkes dan Direktur Institusi penelitian di Belanda. Seluruh pemeriksaan laboratorium dikerjakan oleh orang Indonesia dibantu oleh peneliti Vietnam (institusi penelitian Belanda ini berada di Ho Chi Minh city). Saya sendiri bersama Siti Isfandari juga ikut berangkat untuk menuliskan laporan serta draf awal papernya.

Tuduhan heboh lain adalah bahwa saya mengambil darah peternak Sukabumi dan mengirimkannya ke Belanda. Namun tuduhan ini lebih mudah dibantah karena saya sama sekali tidak pernah muncul di Sukabumi. Kepala peternakan yang menuduh saya pun mengakui kekeliruannya. Sebenarnya yang diambil hanya sampel darah untuk diperiksa apakah para peternak itu sudah tertular flu burung atau belum. Hasilnya ternyata negatif. Dan ini sudah berulang kali dikomunikasikan ke masyarakat peternak tersebut.

Alhamdulillah, saat ini hubungan Kemenkes dengan para peternak ayam di Sukabumi sangat baik. Kami melakukan berbagai kerjasama yang menguntungkan peternak maupun program-program Kemenkes. Jangan lupa dalam suatu peternakan, ada aspek ternaknya (hygiene, santiasi), dan ada aspek pekerjanya (kebiasaan cuci tangan, menutup mulut ketika batuk dan bersin, memakai pakaian pelindung, dan sebagainya).

Sebagaimana disebutkan, hubungan perkawanan saya dengan Namru 2 cukup baik, baik yang orang Namru Indonesia maupun yang orang Amerika. Ketika saya menjadi Menkes RI dan harus memutuskan apakah akan menutup Namru atau tidak, dalam pikiran saya adalah sebagai berikut: saya dikritik orang karena terlalu pro-Namru, padahal saya adalah menteri pilihan Bapak Presiden SBY.

Apa pun yang saya lakukan, tentunya merupakan cerminan dari pilihan ini. Tak dapat saya bayangkan, kalau saya memilih opsi tidak menutup Namru. Orang akan menyalahkan pilihan Bapak Presiden. Karena itu saya berkomunikasi dengan rekan-rekan Namru terutama yang Indonesia untuk menjelaskan keputusan saya tersebut.

Tentu saja, cukup banyak yang tidak suka, terutama dari pihak Amerika, tapi saya kira sekarang semuanya sudah berlalu. Saya tidak pernah anti bekerjasama dengan Amerika, asal semuanya dalam kerangka saling menghormati satu sama lain dan saling menguntungkan satu sama lain. Hal ini pun berlaku untuk kerjasama dengan negara-negara lain, baik itu timur, barat, selatan, maupun utara
".


MISTERI TUDUHAN TERHADAP MANTAN MENKES ENDANG RAHAYU TERKAIT DENGAN 'NAMRU' AKHIRNYA TERJAWAB, KONTROVERSI SAAT PENGANGKATAN ENDANG RAHAYU SEBAGAI MENKES, Dedikasi Almarhum Mantan Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih, NAMRU 2, Flu Burung,Bantahan Mantan Menkes Endang Rahayu Terlibat Namru

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Artikel Paling Populer

Agnes Monica (4) AMI Awards 2012 (1) Android (20) Aneh (86) Antivirus (4) Barcelona (15) Bau Mulut (1) BBM (1) Beasiswa (22) Beasiswa Luar Negeri (1) Beasiswa Sampoerna (2) Beasiswa Sampoerna Bisnis S1 (1) Bedah Plastik (1) Berita Dunia (25) Berita Terbaru (1213) Biaya Bedah Plastik (1) Blackberry (24) BlackBerry Curve (3) BlackBerry Messenger (4) Bulu Tangkis (1) busana (1) Cara Cepat Hamil (1) celebrity (130) Cepat Terindex Google (1) Diet (11) Euro 2012 (7) Facebook (13) fashion 2012 (1) fenpmena (1) Film (2) Film Hollywood (11) Film I Am (1) Film Indonesia (2) Film Terbaru (2) finansial (2) food (2) Foto (250) Free Download (5) Gadget (26) Game (18) Gempa Bumi (15) Gempa Indonesia (10) Gerhana Bulan (2) Gol Suarez (1) Google (10) Grammy Awards (2) Gratis Software (4) Great Tips (8) Gunung Indonesia (1) Hacker (4) Harga Tiket (1) Hasil Undian Liga Champion (4) Honda (3) Horoskop (1) Horoskop Terbaru (1) HTC (5) IMAX (1) Indonesia Super League (1) Indonesian Idol (1) Info (12) Instagram (1) Internet (14) iPad (6) iPad 3 (2) iPhone (11) iPhone 5 (7) ISL (1) Jadwal Puasa (3) Justin Bieber (11) Kamera (2) Kartu Inafis (2) Karya Tulis Ilmiah (1) Kata Cinta (2) Kecantikan (39) Kesehatan (258) Komputer (8) Korea (196) Kuliner (1) Kumpulan SMS (1) Kurikulum Pendidikan (1) LA Light (1) Lady Gaga (13) Laruku (1) Lebaran (9) Lee Min Ho (1) LG Optimus (1) Liga BBVA (1) Liga Champions (26) Liga Europa (7) Liga Inggris (31) Liga Italia (16) Liga Jerman (1) Liga Primer Inggris (30) Liga Profesional PSSI (2) Liga PSSI (1) Liga Spanyol (32) Liga Super Indonesia (2) Lionel Messi (1) Lowongan Kerja (3) Lucu Aneh Ajaib (18) Manchester United (11) Metode Diet (2) MIVO TV Online (1) Mobil (1) MOTOGP (8) Motor (7) Music (65) new (1) New iPad (2) News (74) Nokia (3) Nokia 808 (1) Nokia Terbaru (1) Olahraga (4) Olimpiade 2012 (4) Otomotif (62) Papua (1) Peluang Usaha Dan Bisnis (1) Pemeras Operator (1) Pendidikan (22) Piala Dunia (4) Piala Eropa 2012 (2) Piala Liga 2012 (1) PILGUB DKI 2012 (2) Politik (29) PON XVIII Riau 2012 (1) Ponsel (18) Properti (6) Proposal Penelitian (1) Puasa Ramadhan (10) Ramalan (17) Ramalan Bintang (1) Ramalan Terbaru (1) Ramalan Zodiak (1) Samsung Galaxy (11) Seksual (2) Selamat Tahun Baru (1) Selebriti (140) SEO (2) Sepakbola (174) Serba Serbi (29) Smartphone (5) SMS (4) Sport (15) Super Junior (50) Syahrini (5) Tablet iPad (8) tekno (1) Teknologi (69) Telkomsel (1) Thomas Dan Uber Cup 2012 (1) Timnas Indonesia (5) tinju (1) Tips (321) Tips Langsing (32) Tips Mendidik Anak (26) Tips Merawat Anak (31) Toyota Avanza (6) Travel (2) TV Online (1) Twitter (14) Uero 2012 (2) Unik (160) Universitas Terfavorit 2012 (1) Video (296) Windows 8 (6) Xenia (2) Yahoo (1) Youtube (187)
Masih Proses...
Sponsored By :Berita Update Terbaru.